Awarding Night - PERMIT Ningbo Kabinet 2018-2019

Awarding Night - PERMIT Ningbo Kabinet 2018-2019

Ningbo, 10 Mei 2019 -

Perkumpulan mahasiswa Indonesia di Tiongkok cabang Ningbo (PERMIT Ningbo), mengakhiri masa kerja kabinet 2018/2019 dengan acara perpisahan yang di berikan nama Awarding Night, yang jatuh pada tanggal 10 May 2019, di 大步里院 (Da Bu Li Yuan), Ningbo. Awarding Night ini di persiapkan oleh divisi Human Resource PERMIT Ningbo.

Susunan acara ini dimulai dari acara makan malam bersama, dimana perdivisi diharuskan untuk membawa 1 (satu) jenis makanan, lalu berlanjut kepada acara Talent Show, dan di akhiri dengan pembagian sertifikat untuk mengapresiasi para anggota dan foto bersama, sebagai kenangan untuk para anggota kabinet 2018/2019 yang sudah memutuskan untuk mengundurkan diri dari PERMIT Ningbo untuk periode selanjutnya, yaitu periode 2019/2020.

Acara Awarding Night ini bertujuan sebagai perkumpulan terakhir para anggota kerja PERMIT Ningbo kabinet 2018/2019, dimana, seperti namanya, apresiasi-apresiasi di berikan kepada para anggota atas upaya dan usahanya selama 1 (satu) periode kerja di PERMIT Ningbo ini.

DSC03292.JPG

Apresiasi-apresiasi yang di berikan oleh PERMIT Ningbo merupakan hasil dari survey yang di isi oleh semua anggota untuk menentukan siapakah yang pantas untuk memegang judul dari orang ter-kreatif sampai dengan orang ter-galak, dimana orang-orang yang memenangkan suara terbanyak diberikan sertifikat.

Acara Awarding Night ini juga bertujuan untuk mempererat rasa kekeluargaan dalam PERMIT Ningbo, maka dari itu, diadakan acara Talent show, dimana setiap divisi diperuntukan untuk memberikan pertunjukan selama 5 (Lima) menit yang di persembahkan di hadapan para anggota PERMIT Ningbo.

Talent Show yang di persembahkan sangatlah unik, ke 7 (tujuh) divisi, mulai dari Badan Pengurus Harian sampai divisi PR dan Sponsorship, menunjukan talentanya dalam menyanyi, menari, berpuisi, berpantun, dan juga memberikan sebuah drama pendek, Talent Show ini membuat acara Awarding Night semakin meriah.  

Acara ini berjalan dengan lancar dan tujuan-tujuan dari acara ini pun tersalurkan, dimana acara Awarding Night ini berhasil untuk mengumpulkan anggota-anggota PERMIT Ningbo kabinet 2018/2019 sebagai perkumpulan bersama terakhir untuk kabinet ini, dan serangkaian acara, dimulai dari acara makan malam, Talent show, pemberian sertifikan apresiasi, dan foto bersama, pun di lakukan untuk memeriahkan acara Awarding Night yang sangat sukses ini.

 

DSC03479.JPG

Pemilu Ketua Kabinet PERMIT Ningbo 2019-2020

Pemilu Ketua Kabinet PERMIT Ningbo 2019-2020

Ningbo, 11 Mei 2019

 

Perkumpulan mahasiswa Indonesia di Tiongkok cabang Ningbo (PERMIT Ningbo), yaitu murid-murid dari Universitas Nottingham, Universitas Ningbo dan Universitas lainnya, mengadakan pemilihan Ketua PERMIT Ningbo yang baru untuk kabinet tahun 2019-2020. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2019 di Universitas Nottingham Ningbo (The University of Nottingham Ningbo China).

 

IMG_5081.jpg

Acara Pemilu ini merupakan acara untuk pemilihan ketua PERMIT yang baru, yang pada kabinet tahun 2018-2019 dipimpin oleh Julius Sulaiman, dan dengan 2 wakil ketua yaitu Edward Sudjono dan Anthony Leonardo Tanaku. Pada pemilihan kali ini terdapat 2 calon ketua PERMIT yaitu Gideon Edwin dan Felix Setiawan. Kedua calon sudah berkampanye dari tanggal yang sudah di tentukan oleh tim KPU, yaitu tanggal 28 April 2019 hingga tanggal 10 Mei 2019. Kedua calon berkampanye dengan persaingan yang sangat ketat namun dalam kondisi tetap kekeluargaan tanpa menyinggung satu sama lain.

 

Acara Pemilu pada tahun 2019 ini dimulai pada pukul 14:00 waktu Ningbo dan dihadiri oleh 123 mahasiswa yang berada di Ningbo. Acara tersebut dimulai dari presentasi dari ketua dan kedua wakil untuk menunjukkan dan mengevaluasikan program kerja kabinet 2018-2019. Tujuan dari ini adalah untuk menunjukkan transparannya PERMIT Ningbo dan untuk menutup satu tahun kerja dari kabinet Julius Sulaiman. Setelah itu, dari tim KPU telah disiapkan video dengan tema ‘Grebek’ para calon. Kegiatan ‘Grebek’ telah dilaksanakan hari-hari sebelum Pemilu dan adalah video yang memperkenalkan kandidat-kandidat taun ini kepada mahasiswa-mahasiswi sebelum adanya presentasi dari masing calon.

 

Setelah sesi video ‘Grebek’ berakhir, setiap calon mendapatkan total 10 menit untuk presentasi. Di presentasi tersebut, kedua calon dapat memperkenalkan diri dan mempresentasikan program kerja dan lainnya kepada mahasiswa-mahasiswi yang hadir.

 

Setelah presentasi dari masing-masing calon, Pemilu berlanjut dengan adanya sesi debat, di mana pertanyaan yang dikumpulkan dari mahasiswa-mahasiswi dipilih secara acak oleh ketua dan wakil ketua yang kemudian diperdebatkan oleh calon. Calon yang pertama jawab dapat total satu menit untuk menjawab dan calon selanjutnya dapat satu menit untuk berikan jawabannya. Calon yang pertama menjawab kemudian dapat memilih untuk berbicara lagi selama 30 detik atau tidak.

 

Sesudah sesi debat, terjadi banyak sesi tanya jawab dari para mahasiswa tentang program kerja masing-masing calon, dimana setiap calon dapat satu menit untuk menjawab pertanyaan yang diberikan kepada mereka.

 

IMG_5082.jpg

Acara dilanjutkan dengan pencoblosan dan perhitungan suara. Adanya tim pihak KPU dan kedua saksi dari setiap calon membuat proses pencoblosan berjalan sangat tertib dan adil. Perhitungan suara masuk ke sebuah ruangan terpisah untuk menghitung hasil suara dari hasil pencoblosan yang sudah dilakukan. Hasil perhitungan suara telah sah dan pemenang dari pemilihan ketua PERMIT tahun 2019-2020 adalah Felix Setiawan dengan presentase 52,8%.

 

Setelah perhitungan suara, acara di lanjut dengan pemilihan dan pengumuman pemanang door prize, yaitu power bank.  Acara diakhiri dengan pengumunan pemenang Pemilu 2019 ini dan kedua calon saling mendukung satu sama lain untuk membangun PERMIT Ningbo yang lebih baik.

 

IMG_5083.jpg

Sebelum acara resmi berakhir, ketua periode 2018-2019 Julius Sulaiman mengucapkan terima kasih dan selamat tinggal terakhirnya kepada PERMIT Ningbo dan pengurus PERMIT Ningbo karena Pemilu 2019 tersebut adalah acara terakhir Julius.

Indonesia Cultural Performance

Indonesia Cultural Performance

Ningbo, 27 April 2019 –

Perkumpulan mahasiswa Indonesia di Tiongkok cabang Ningbo (PERMIT Ningbo) dan komunitas Djas Merah cabang Ningbo kembali mengadakan acara kultural Indonesia, yaitu ICP (Indonesia Cultural Performance) pada tanggal 27 April 2019, di D.H. Lawrence Auditorium, Universitas Nottingham Ningbo (The University of Nottingham Ningbo China). Acara ICP tahun ini merupakan pertunjukan drama musical dengan tema "Cindelaras" dipimpin oleh ketua pelaksana Gideon Edwin dan wakil ketua pelaksana Kevin Wikasa.

IMG_5086.jpg

Cindelaras adalah cerita rakyat berasal dari Jawa Timur yang memiliki pesan bahwa kita harus selalu mendengar semua informasi dari berbagai perspektif sebelum melakukan sesuatu karena hal yang didengar belum tentu nyata adanya.

Cerita tersebut diawali dengan keluarga Raden Putra, raja kerajaan Jenggala, yang memiliki satu permaisuri dan satu selir. Sang selir tidak menyukai realita dimana ia seperti menjadi pilihan kedua, maka ia membuat skenario untuk meracuni diri sendiri dan menghasut bahwa permaisuri meracuni nya. 

Raden Putra sang raja tidak mendengar semua informasi terhadap masalah ini dan merintah untuk mengasingkan sang permaisuri. Akan tetapi, sang permaisuri hidup dan diberkati dengan seorang anak, yang dia beri nama Cindelaras.

Seiring bertambahnya usia, Cindelaras mendapat seekor ayam jago yang sangat kuat. Itu memotivasi dia untuk bertemu ayahnya dengan cara adu ayam hingga bertemu dengan ayamnya ayahnya, Raden putra. Kisah Cindelaras akhir  dengan ayam Raden Putra kalah dan sang selir mendapat konsekuensi dibuang ke hutan. 

Jumlah seluruh pemain, penari dan panitia acara ICP adalah 83 orang, dimana sebagian besar terdiri dari mahasiswa - mahasiswi Indonesia tetapi juga mahasiswa dari berbagai negara.

Acara Indonesian Cultural Performance 2019 juga dihadiri oleh perwakilan KJRI Shanghai, yaitu wakil Pak Hardy serta Pak Jayanti, dan juga sponsor-sponsor sebagai berikut: PT. Kapal Api, Xinhai International, Vies Collection dan Genwi (Wonderful Indonesia). Dari tim badan pengurus harian ICP juga ada tamu undangan yaitu: Samuel Dimitri, Nikolaus Siauw, Febriandianto, Rachel Oei, Anamelia, dan perwakilan dari Universitas Nottingham Ningbo.

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Gideon Edwin dan sambutan dari perwakilan KJRI, Pak Hardy. Penonton acara tahun banyak berasal dari mancanegara seperti, Tiongkok, Korea, Rusia dan negara lainnya, hingga total penonton mencapai 300 orang lebih. Suasana di auditorium juga sangat meriah dan wajah para penonton terlihat sangat gembira, dimana mereka juga ikut menyanyi, tertawa dan tepuk tangan.

IMG_5085.jpg

Acara diakhiri dengan mengapresiasi para panitia yang telah kerja keras dan penonton yang telah hadir, dimana setiap orang dapat kesempatan orang foto bareng aktor(cast). Sebelum meninggalkan auditorium, setiap panitia dan penonton diberikan goodie bag yang berisi produk-produk sponsor. Acara ini adalah telah menjadi kenangan manis yang tak lekang waktu oleh banyak orang.

 

Ningbo Race 2019

Ningbo Race 2019

Ningbo, 30 Maret 2019-

Perkumpulan mahasiswa Indonesia di Tiongkok cabang Ningbo (PERMIT Ningbo), pada tanggal 30 Maret 2019 menjalankan event yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa Indonesia di Ningbo yaitu acara Ningbo Race. Ningbo race sendiri merupakan acara yang memiliki konsep yang menyerupain acara “Running Man”. Tujuan dari acara ini adalah untuk mepererat hubungan antara mahasiswa- mahasiswa Indonesia yang berada di Ningbo sekaligus memperlihatkan keindahan kota Ningbo.

IMG_5089.jpg

Acara Ningbo Race tahun ini mempunyai tema yang terinspirasi dari film Divergent, dimana acara tersebut terbagi menjadi 5 pos yaitu: Dauntless (pemberani), Amity (damai), Erudite (cerdas), Abnegation (ramah), dan Candor (jujur), yang dimana masing- masing pos mempunyai game serta misi yang unik untuk mendapatkan poin. Games yang dimainkan juga berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, terutama Final Game.

IMG_5087.jpg

Dari tahun-tahun sebelumnya, Ningbo Race terkenal karena adanya Final Game Name-tag Ripping, di mana orang-orang saling merebut nametag nama masing-masing untuk memenangkan kompetisi. Namun, dengan ide dari ketua pelaksana, Felix Setiawan, dan wakil ketua pelaksana, Febbyan Wijaya, muncullah konsep terbaru untuk acara Ningbo Race 2019 ini. Konsep tahun ini diambil dari game PUBG (Player’s Unknown Battleground), dimana Final Game dimenangkan dengan menembak target masing-masing menggunakan pistol air yang disediakan. Yang membuatnya lebih menarik adalah ukuran pistol air yang digunakan oleh tim peserta ditentukan oleh poin yang mereka raih dari game pos sebelumnya.

Acara tahun ini juga memiliki minigame kecil yang disebut Selfie Challenge, dimana setiap tim harus foto dengan seseorang atau sesuatu yang menarik dan unik sambil mencari game pos. Minigame kecil ini tujuannya untuk peserta membuat kenangan unik di Ningbo Race tahun ini. Selain itu, tim dengan skenario paling unik mendapatkan hadiah 100 RMB.

Acara Ningbo Race 2019 diikuti oleh 13 tim (52 peserta total) dan 2 tim berhasil untuk meraih Juara 1 & 2, dimana juara akan mendapatkan total hadiah 2 juta Rupiah. Acara tersebut juga berjalan dengan lancar dan peserta memainkan kompetisi yang sehat sampai akhir. Tim sexyboy raih Juara 1 dan sobat prank raih Juara 2 pada acara Ningbo Race tahun ini. Acara pun ditutup dengan panitia dan peserta makan bareng di restoran Lu Cha untuk merayakan keberhasilan acara dan para pemenang kompetisi Ningbo Race 2019.

 

IMG_5088.jpg

CHARITY 2019 BY PERMIT NINGBO

Jakarta, 13 Februari 2019 -

Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Tiongkok (PERMIT) khususnya cabang Ningbo, mengadakan kegiatan bakti sosial atau charity ke salah satu yayasan khusus untuk anak-anak Indonesia yang sedang berjuang melawan penyakit kanker. Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, berlokasi di daerah Cempaka Putih. Bertepatan satu hari sebelum hari kasih sayang, kami meluangkan waktu kami untuk mengunjungi dan berbagi kasih sayang kepada adik-adik dan teman-teman di YKAKI. Tema kami dalam kegiatan bakti sosial ini adalah “SUPER HERO”.

WechatIMG322.jpeg

            Persiapan untuk mewujudkan kegiatan bakti sosial ini diikuti dengan penuh antusias oleh para mahasiswa Indonesia di Ningbo. Kami dari PERMIT Ningbo mengadakan penggalangan dana sukarela bagi yang ingin berdonasi. Para donator mendapat gantungan kunci super hero sebagai bentuk terima kasih karena sudah ikut ambil bagian untuk mensukseskan kegiatan bakti sosial ini. Kami percaya bahwa melakukan hal baik sekecil apapun, akan selalu berguna bagi orang-orang yang membutuhkan. Dengan begitu, para donatur dan semua orang yang turut ambil bagian sudah menjadi “super hero” untuk adik-adik dan teman-teman kita di YKAKI yang membutuhkan.

WechatIMG319.jpeg

            Kunjungan ke YKAKI dihadiri oleh kurang lebih 25 orang mahasiswa Indonesia di Ningbo. Ada beberapa kegiatan yang kami lakukan di YKAKI selama kurang lebih 2 jam. Kami semua berkenalan dengan adik-adik dan teman-teman disana. Lalu ada game ringan untuk menghibur adik-adik dengan mengoper boneka ke orang di sebelah sampai lagu yang dinyanyikan habis. Semua sangat terhibur dengan memainkan game ini. Setelah itu, adik-adik juga diberi kesempatan untuk menuliskan cita-cita dan harapan mereka diatas kertas berbentuk hati, dan kemudian menempelkannya di pohon harapan yang sudah disediakan oleh PERMITNingbo. Setelah itu, berlanjut ke kegiatan yang paling disenangi, mewarnai super hero. Adik-adik diberi bermacam-macam gambar super hero untuk mereka warnai sesuai dengan kreatifitas mereka. Tidak terasa, kami sudah di penghujung acara. Kami memutuskan untuk bernyanyi bersama adik-adik, dan kemudian mengabadikan moment tersebut dalam sesi foto bersama.

WechatIMG317.jpeg