Ningbo, 27 April 2019 –

Perkumpulan mahasiswa Indonesia di Tiongkok cabang Ningbo (PERMIT Ningbo) dan komunitas Djas Merah cabang Ningbo kembali mengadakan acara kultural Indonesia, yaitu ICP (Indonesia Cultural Performance) pada tanggal 27 April 2019, di D.H. Lawrence Auditorium, Universitas Nottingham Ningbo (The University of Nottingham Ningbo China). Acara ICP tahun ini merupakan pertunjukan drama musical dengan tema "Cindelaras" dipimpin oleh ketua pelaksana Gideon Edwin dan wakil ketua pelaksana Kevin Wikasa.

IMG_5086.jpg

Cindelaras adalah cerita rakyat berasal dari Jawa Timur yang memiliki pesan bahwa kita harus selalu mendengar semua informasi dari berbagai perspektif sebelum melakukan sesuatu karena hal yang didengar belum tentu nyata adanya.

Cerita tersebut diawali dengan keluarga Raden Putra, raja kerajaan Jenggala, yang memiliki satu permaisuri dan satu selir. Sang selir tidak menyukai realita dimana ia seperti menjadi pilihan kedua, maka ia membuat skenario untuk meracuni diri sendiri dan menghasut bahwa permaisuri meracuni nya. 

Raden Putra sang raja tidak mendengar semua informasi terhadap masalah ini dan merintah untuk mengasingkan sang permaisuri. Akan tetapi, sang permaisuri hidup dan diberkati dengan seorang anak, yang dia beri nama Cindelaras.

Seiring bertambahnya usia, Cindelaras mendapat seekor ayam jago yang sangat kuat. Itu memotivasi dia untuk bertemu ayahnya dengan cara adu ayam hingga bertemu dengan ayamnya ayahnya, Raden putra. Kisah Cindelaras akhir  dengan ayam Raden Putra kalah dan sang selir mendapat konsekuensi dibuang ke hutan. 

Jumlah seluruh pemain, penari dan panitia acara ICP adalah 83 orang, dimana sebagian besar terdiri dari mahasiswa - mahasiswi Indonesia tetapi juga mahasiswa dari berbagai negara.

Acara Indonesian Cultural Performance 2019 juga dihadiri oleh perwakilan KJRI Shanghai, yaitu wakil Pak Hardy serta Pak Jayanti, dan juga sponsor-sponsor sebagai berikut: PT. Kapal Api, Xinhai International, Vies Collection dan Genwi (Wonderful Indonesia). Dari tim badan pengurus harian ICP juga ada tamu undangan yaitu: Samuel Dimitri, Nikolaus Siauw, Febriandianto, Rachel Oei, Anamelia, dan perwakilan dari Universitas Nottingham Ningbo.

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Gideon Edwin dan sambutan dari perwakilan KJRI, Pak Hardy. Penonton acara tahun banyak berasal dari mancanegara seperti, Tiongkok, Korea, Rusia dan negara lainnya, hingga total penonton mencapai 300 orang lebih. Suasana di auditorium juga sangat meriah dan wajah para penonton terlihat sangat gembira, dimana mereka juga ikut menyanyi, tertawa dan tepuk tangan.

IMG_5085.jpg

Acara diakhiri dengan mengapresiasi para panitia yang telah kerja keras dan penonton yang telah hadir, dimana setiap orang dapat kesempatan orang foto bareng aktor(cast). Sebelum meninggalkan auditorium, setiap panitia dan penonton diberikan goodie bag yang berisi produk-produk sponsor. Acara ini adalah telah menjadi kenangan manis yang tak lekang waktu oleh banyak orang.