Ningbo, 11 Mei 2019

 

Perkumpulan mahasiswa Indonesia di Tiongkok cabang Ningbo (PERMIT Ningbo), yaitu murid-murid dari Universitas Nottingham, Universitas Ningbo dan Universitas lainnya, mengadakan pemilihan Ketua PERMIT Ningbo yang baru untuk kabinet tahun 2019-2020. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2019 di Universitas Nottingham Ningbo (The University of Nottingham Ningbo China).

 

IMG_5081.jpg

Acara Pemilu ini merupakan acara untuk pemilihan ketua PERMIT yang baru, yang pada kabinet tahun 2018-2019 dipimpin oleh Julius Sulaiman, dan dengan 2 wakil ketua yaitu Edward Sudjono dan Anthony Leonardo Tanaku. Pada pemilihan kali ini terdapat 2 calon ketua PERMIT yaitu Gideon Edwin dan Felix Setiawan. Kedua calon sudah berkampanye dari tanggal yang sudah di tentukan oleh tim KPU, yaitu tanggal 28 April 2019 hingga tanggal 10 Mei 2019. Kedua calon berkampanye dengan persaingan yang sangat ketat namun dalam kondisi tetap kekeluargaan tanpa menyinggung satu sama lain.

 

Acara Pemilu pada tahun 2019 ini dimulai pada pukul 14:00 waktu Ningbo dan dihadiri oleh 123 mahasiswa yang berada di Ningbo. Acara tersebut dimulai dari presentasi dari ketua dan kedua wakil untuk menunjukkan dan mengevaluasikan program kerja kabinet 2018-2019. Tujuan dari ini adalah untuk menunjukkan transparannya PERMIT Ningbo dan untuk menutup satu tahun kerja dari kabinet Julius Sulaiman. Setelah itu, dari tim KPU telah disiapkan video dengan tema ‘Grebek’ para calon. Kegiatan ‘Grebek’ telah dilaksanakan hari-hari sebelum Pemilu dan adalah video yang memperkenalkan kandidat-kandidat taun ini kepada mahasiswa-mahasiswi sebelum adanya presentasi dari masing calon.

 

Setelah sesi video ‘Grebek’ berakhir, setiap calon mendapatkan total 10 menit untuk presentasi. Di presentasi tersebut, kedua calon dapat memperkenalkan diri dan mempresentasikan program kerja dan lainnya kepada mahasiswa-mahasiswi yang hadir.

 

Setelah presentasi dari masing-masing calon, Pemilu berlanjut dengan adanya sesi debat, di mana pertanyaan yang dikumpulkan dari mahasiswa-mahasiswi dipilih secara acak oleh ketua dan wakil ketua yang kemudian diperdebatkan oleh calon. Calon yang pertama jawab dapat total satu menit untuk menjawab dan calon selanjutnya dapat satu menit untuk berikan jawabannya. Calon yang pertama menjawab kemudian dapat memilih untuk berbicara lagi selama 30 detik atau tidak.

 

Sesudah sesi debat, terjadi banyak sesi tanya jawab dari para mahasiswa tentang program kerja masing-masing calon, dimana setiap calon dapat satu menit untuk menjawab pertanyaan yang diberikan kepada mereka.

 

IMG_5082.jpg

Acara dilanjutkan dengan pencoblosan dan perhitungan suara. Adanya tim pihak KPU dan kedua saksi dari setiap calon membuat proses pencoblosan berjalan sangat tertib dan adil. Perhitungan suara masuk ke sebuah ruangan terpisah untuk menghitung hasil suara dari hasil pencoblosan yang sudah dilakukan. Hasil perhitungan suara telah sah dan pemenang dari pemilihan ketua PERMIT tahun 2019-2020 adalah Felix Setiawan dengan presentase 52,8%.

 

Setelah perhitungan suara, acara di lanjut dengan pemilihan dan pengumuman pemanang door prize, yaitu power bank.  Acara diakhiri dengan pengumunan pemenang Pemilu 2019 ini dan kedua calon saling mendukung satu sama lain untuk membangun PERMIT Ningbo yang lebih baik.

 

IMG_5083.jpg

Sebelum acara resmi berakhir, ketua periode 2018-2019 Julius Sulaiman mengucapkan terima kasih dan selamat tinggal terakhirnya kepada PERMIT Ningbo dan pengurus PERMIT Ningbo karena Pemilu 2019 tersebut adalah acara terakhir Julius.